Thomas Cup 2024 – Indonesia Bawa Debutan Alwi Farhan Selain Jonatan dan Anthony Ginting, Tim Uber Tanpa Putri KW

Polisi.News – Seperti dilansir dari bwfbadminton, Farhan yang meraih gelar Juara Dunia Junior 2023 di Spokane (AS) Oktober lalu, mengawali karier seniornya dengan menggembirakan dengan lolos ke semifinal Odisha Masters 2023 (Super 100) pada Desember.

Pemain berusia 18 tahun tersebut saat ini menduduki peringkat ke-62.

Alwi berada di peringkat keempat di pelatas di belakang Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Chico Aura Dwi Wardoyo.

Pada nomor ganda putra, tim Thomas Cup Indonesia mengandalkan Fajar Alfian, Muhammad Rian Ardianto, Muhammad Shohibul Fikri, Bagas Maulana, Leo Rolly Carnando, dan Daniel Marthin.

Fajar/Rian dan Leo/Daniel pernah mencicipi gelar Thomas Cup 2021 (Denmark), sementara Fikri/Bagas harus puas menempati runner-up saat Indonesia kalah dari India pada final Thomas Cup 2022 di Thailand.

Indonesia masih jadi negara paling sukses yang menjuarai Thomas Cup dengan 14 kali juara, disusul China (10 kali) dan Malaysia (5 kali)

Sementara itu, Jepang telah menunjuk bocah ajaib berusia 17 tahun Tomoka Miyazaki.

Juara Dunia Junior 2022 dan semifinalis Kejuaraan Dunia Junior 2023 masuk dalam dalam skuad Uber Jepang.

Miyazaki mengawali karier seniornya dengan cemerlang. Dia menjuarai Orleans Masters 2024 (Super 300) dan menjadi runner-up Korea Masters 2023 (Super 300).

Miyazaki sudah mengalahkan pemain top seperti Pusarla Venkata Sindhu (India), serta seniornya, Aya Ohori dan Nozomi Okuhara.

Miyazaki akan menemani rekan senegaranya di tunggal senior Akane Yamaguchi, Aya Ohori, Nozomi Okuhara dan pemain ganda Chiharu Shida, Nami Matsuyama, Mayu Matsumoto, Wakana Nagahara, Rena Miyaura dan Ayako Sakuramoto pada Uber Cup pertamanya.

Jepang juga telah memilih mantan juara dunia dua kali Kento Momota ke tim Thomas Cup.

Momota menemani Kodai Naraoka, Kenta Nishimoto, dan Koki Watanabe pada nomor tunggal.

Nama yang tidak asing, tetapi tidak masuk dalam skuad adlaa adalah Kanta Tsuneyama yang belum pernah memenangkan satu pertandingan pun pada enam turnamen tahun ini.

Tuan rumah, China memiliki tim-tim tangguh di kedua kompetisi, dengan semua bintang top siap melawan mereka.

Shi Yu Qi dan Li Shi Feng akan didukung oleh Lu Guang Zu dan Weng Hong Yang pada nomor tunggal putra.

Pada Uber Cup, pemenang Kejuaraan Asia 2024m Wang Zhi Yi akan tampil bersama Chen Yu Fei, He Bing Jia, dan Han Yue.

Denmark memiliki beberapa wajah baru dalam tim Thomas Cup. Sebut saja Magnus Johannesen – yang mengalahkan Lee Zii Jia pada French Open 2024 dan Jesper Toft, yang mencapai final ganda putra Kejuaraan Eropa 2024 baru-baru ini bersama Andreas Sondergaard.

Juara bertahan Thomas Cup, India masih diisi oleh pasukan yang memperkuat tim pada Thomas Cup 2022.

Juara Uber Cup, Korea Selatan akan mengandalkan An Se-young untuk memimpin tim.

Nama penting yang hilang dalam tim adalah pemain peringkat ke-14 dunia, Kim Ga-eun.

Oleh karena itu, tanggung jawab tunggal akan diteruskan kepada Sim Yu-jin (nomor 38), Kim Ga-ram (No.73), dan remaja Kim Min-sun.

Kim Min-sun memenangkan gelar ganda (tunggal putri dan ganda putri) di BAT YONEX Pathumthani Junior International Series Desember lalu.

Berikut daftar tim Thomas Cup 2024 dan Uber Cup 2024 Indonesia.

Tim Thomas Cup Indonesia

1. Jonatan Christie2. Anthony Sinisuka Ginting3. Chico Aura Dwi Wardoyo4. Alwi Farhan5. Fajar Alfian6. Muhammad Rian Ardianto7. Bagas Maulana8. Muhammad Shohibul Fikri9. Leo Rolly Carnando10. Daniel Marthin

Tim Uber Cup Indonesia

1. Gregoria Mariska Tunjung2. Ester Nurumi Tri Wardoyo3. Komang Ayu Cahya Dewi4. Ruzana5. Apriyani Rahayu6. Siti Fadia Silva Ramadhanti7. Lanny Tria Mayasari8. Ribka Sugiarto9. Meilysa Trias Puspitasari10. Rachel Allessya Rose

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *