TENTANG KAMI

Polisi News hadir sebagai portal berita online – pertama kali tahun 2018 namun sempat terhenti di pertengahan 2020 dan aktif kembali pada awal 2021 – yang fokus pada aktivitas dan setiap progres produktif yang diraih institusi kepolisian.

Mengapa fokus kami kepolisian?

Pertama, belum banyak media online di luar institusi Polri yang turut mewarnai serta memberikan sumbangsih pemikiran positif bagi institusi penegak hukum di garda terdepan ini.

Kedua, konsen kami terhadap peran dan fungsi Polri. Yaitu, fungsi menyelenggarakan keamanan dan ketertiban, penegakan hukum, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat yang tak henti menghadapi tantangan yang makin hari semakin berat dan kompleks. Bukan hanya menyangkut fungsi dan tugas utama kepolisian yang menjadi kegiatan rutin, tetapi juga dinamika sosial dan politik yang terus berubah.

Ketiga, menyangkut tuntutan tugas polisi, secara universal:  “To create and maintain public security and order” dan “to enforce the law”, atau menciptakan dan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat serta menegakkan hukum. Polisi harus mampu melaksanakan tugas­tugas tersebut dalam kondisi apapun.

Sebagai abdi utama bagi nusa dan bangsa, Polri terus dituntut untuk mampu menjalankan tugas pelayanan kepada masyarakat dengan baik, cepat dan berkualitas. Termasuk pula perannya dalam menjaga stabilitas politik dan keamanan sehingga Polri mendapatkan dukungan dari dan tempat di masyarakat.

Sementara di sisi lain, public trust terhadap Polri belum sepenuhnya dirasakan, baik menyangkut kinerja (penegakan hukum kurang profesional, layanan publik tidak simpatik, dan masih banyak pelanggaran) maupun kultur yang ada (perilaku koruptif, arogansi kekuasaan/kewenangan, dan kekerasan eksesif).

Hingga kini, ketika terjadi pelanggaran kode etik atau pelanggaran hukum yang melibatkan anggota Polri, sekecil apapun, publik ramai­ramai menyorot tajam. Itu pula sebabnya Polri tak pernah luput dari kritikan dan terkadang hujatan berbagai elemen masyarakat. Kondisi inilah yang justru menjadi tantangan berat berikutnya yang harus diselesaikan oleh Polri.

Padahal, yang patut juga dicatat adalah dinamika perkembangan Polri yang semakin menunjukkan peningkatan kualitasnya. Yang paling mencolok adalah upaya Polri untuk terus mewujudkan perubahan tata kehidupan nasional ke arah masyarakat madani yang demokratis, aman, tertib, adil, dan sejahtera. Selain itu, kinerja Polri juga tampak makin membaik dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat.

Di sisi lain, portal berita Polisi News juga tetap mengetengahkan berbagai aktivitas yang dilakukan TNI. Pasalnya, pertahanan negara itu bukan hanya menjadi tanggung jawab Kementerian Pertahanan atau TNI, tetapi juga tanggung jawab kita semua, seluruh elemen bangsa. Dalam kebijakan pertahanan di negara, kita mengenal ketahanan rakyat semesta yang artinya semua elemen harus terlibat dan bertanggung jawab dalam rangka mengamankan negara kita.

Patut disyukuri, hingga saat ini soliditas dan sinergitas antara TNI dan Polri tetap terjaga. Kondisi demikian menghasilkan sinergi dalam mewujudkan stabilitas nasional yang seharusnya dipertahankan sampai kapanpun, demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Karena itu, kehadiran Polisi News kami harapkan dapat membantu mengkomunikasikan kepada publik luas sambil tetap mengingatkan para personel Polri dan TNI untuk tak henti meningkatkan kapasitas dan pelayanannya sehingga benar-benar menjadi aparat yang tanggap dan tangguh dalam membantu masyarakat seperti yang diamanahkan Undang-Undang, sebagaimana yang juga terus ditekankan oleh Pimpinan TNI dan Polri.

Polisi News juga mengajak pembaca untuk memberikan saran dan kritik yang konstruktif yang dapat diserap dan diimplementasikan daIam berbagai tugas di lapangan sebagai wujud sumbangsih nyata demi terwujudnya aparat kepolisian dambaan masyarakat dan anggota TNI harapan bangsa.

Polisi News bersifat independen, tidak berafiliasi dengan aliran politik manapun, tetapi siap bersinergi dan bermitra dengan berbagai pihak yang memiliki misi yang sejalan.